Welcome to our site, we are cable specialist...

PERBEDAAN NYFGBY DENGAN NYRGBY
26/01/2016, oleh Admin

Dilema Kabel PVC Armoured : NYRGBY vs NYFGBY Pemesanan NYFGBY Kecil Dikirim NYRGBY

Apa yang Anda pikirkan ketika memesan NYFGBY 4 x 6 namun yang sampai di proyek Anda adalah kabel NYRGBY 4 x 6? Permasalahan ini memang sering ditanyakan oleh customer. Apabila tidak bisa dijelaskan dengan baik, maka disebut dilema. Kenapa disebut dilema, karena masih banyak yang belum mengerti penjelasannya namun sudah berjalan lama. Begini penjelasan yang ambigu : Sama tetapi tidak sama?

Halaman ini khusus menjelaskan alasannya. Halaman ini akan menjelaskan khusus apa yang menjadi perbedaan kedua kabel tersebut sehingga Anda dapat mengetahui hal ini secara pasti.


Dari Sudut Pandang Pabrik
Pabrik kabel tentunya membuat produk kabel tidak sembarang langsung mengimajinasikan sebuah penghubung listrik lalu langsung membuat kabel dari imajinasi seorang insinyur. Sebagai Manufacturer, mereka membuat kabel mengacu pada standarisasi yang digunakan dunia (IEC) ataupun nasional dalam hal ini SPLN / SNI.

Dari Sudut Pandang Kode Kabel
- NYFGBY : Flat (pipih)
- NYRGBY : Round (bulat seperti lidi)

Lihat artikel mengenai kode penamaan kabel pada halaman ini untuk lebih detailnya

Jadi Kenapa Berbeda?
Ringkasan artikel ini dijelaskan sebagai berikut:
- Kabel kecil lebih mudah untuk dibengkokkan daripada kabel besar. Apabila dibengkokkan, contoh kabel NYFGBY 4 x 4, pelindung pipih (Flat) akan lebih mudah patah di dalam kabel (dibawah jaket PVC) dan pecahan itu dapat beresiko menusuk PVC bagian dalam sehingga menembus sampai ke CORE kabel (inti kabel).
- Dengan resiko tersebut, kabel NYFGBY kecil yaitu di bawah luas penampang 10 MM2, menggunakan NYRGBY yaitu pelindung mekanis (Armour) yang dipasangkan dalam kabel berbentuk lidi (round) agar apabila dibengkokkan secara berlebihan dan beresiko patah di dalam kabel, tidak menusuk sampai ke inti kabel.

Apa Masalah Utama Bersangkutan Dengan NYRGBY - NYFGBY ?
Inti permasalahan memang muncul ketika tenaga kerja di Proyek listrik tidak mengetahui bahwa setiap kabel dipabrikasi dengan ketahanan maksimum kabel dapat "dibengkokkan" atau dalam bahasa Inggris disebut Bending Radius. Bending Radius ada di setiap brosur kabel dari pabrik. Diharapkan dengan mengetahui Bending Radius tidak lagi terjadi kejadian kabel tersebut terlalu ditekuk atau dibengkokkan dan artikel ini dapat menjadi referensi untuk informasi akan hal tersebut. Minimal Kepala Pengerjaan setingkat Pengawas Lapangan dapat mengerti akan hal ini. .